15 September 2007

Journal Critics

KRITIK JOURNAL

By. Laily Arifin

Judul : TEENAGE CHILDBEARING AND LONG-TERM SOSIOECONOMIC CONSEQUENCES : Case Study In Swedia

KOMPONEN PENELITIAN YANG DIKRITIK :

ABSTRAK

1. MASALAH

Persalinan pada masa remaja beresiko terhadap ketidakmampuan social ekonomi pada kehidupan selanjutnya.

Masalah yang ditampilkan sudah dapat menjelaskan masalah penelitian.

2. HIPOTESA

Terdapat perbbedaan keadaan social ekonomi pada wanita yang melahirkan anak pertamanya pada usia dewasa dan wanita yang melahirkan anak pertamanya pada usia remaja.

Tujuan pengukuran untuk mengkaji tentang status pekerjaan, social ekonomi, tingkat pendidikan dan kesejahteran setelah responden mencapai masa dewasa.

3. METODOLOGI

Metodologi penelitian yang digunakan sudah tepat yaitu menggunakan teknik regrisi logistic untuk menentukan persalinan pada ibu secara kohor dan latar belakang social ekonomi wanita tersebut. Analisa longitudinal digunakan untuk menganalisa persalinan pada masa remaja beresiko terhadap ketidakmampuan social ekonomi pada kehidupan selanjutnya bahkan untuk remaja yang berasal dari latar belakang ekonomi yang baik.

4. HASIL UTAMA

Hasil yang ditampilkan sudah lengnkap dengan memaparkan hubungan pada masing-masing variable.

5. KESIMPULAN DAN SARAN

Kesimpulan yang dipaparkan cukup detail, dengan memaparkan persalinan pada masa remaja beresiko terhadap ketidakmampuan social ekonomi pada kehidupan selanjutnya namun penulis belum memaparkan saran yang spesifik (siapa yang diberi saran dan bagaimana saran itu dapat dilaksanakan).

PENDAHULUAN

  1. LATAR BELAKANG DAN MASALAH PENELITIAN

LATAR BELAKANG MASALAH

Memberikan pembenaran terhadap masalah penelitian. Dalam penelitian dirumuskan bahwa persalianan pada masa remaja memiliki konsekuensi janngka panjang terhadap kehidupan social ekonomi selanjutnya

MASALAH PENELITIAN

Rumusan masalah penelitian dirumuskan dengan jelas menggunakan format deklaratif dan mengacu pada tujuan penelitian

Topic penelitian menarik karena banyak sekali fenomena keadaan social ekonomi yang buruk akibat persalinan masa remaja pada kehidupan sebelumnya.

Masalh penelitian dapat diteliti, hasil penelitian dapat dianalisa datanya.

  1. TUJUAN

Sudah jelas, yaitu untuk mengetahui social ekonomi seorang waita dan keadaan kehidupan selanjutnya

  1. MANFAAT

Kepentingan penelitian dan justifikasi diuraikan secara tidak langsung. Hasil penelitian mempunyai kegunaan praktis dalam profesi keperawatan dalam memberikan asuhan keperawatan pada wanita usia subur selama masa persiapan menanti persalinan.

  1. TINJAUAN PUSTAKA

(1) Penegasan masalah jelas dijelaskan sesuai dengan masalah penelitian tetapi tidak berdasar penelitian yang lalu

(2) Ada penjelasan terkait dari sumber lain

(3) Tinjauan pustaka dalam judul penelitian “Teenage childbearing and long0term socioeconomic consequences” relevan dengan maslah penelitian yaitu apakah persalinan pada remaja beresiko terhadap ketidakmampuan social ekonomi pada kehidupan selanjutnya

(4) Dalam tinjauan pustaka sebaiknya ditambahkan tentang fenomena di dunia tentang keadaan social ekonomi wanita yang melahirkan pada usia remaja

(5) Sumber primer dan sekunder digunakan peneliti dalam penelitian ini.

(6) Rujukan akurat

(7) Penulis menggunakan tinjauan hasil penelitian terdahulu yang terkait tetapi hanya sedikit

(8) Rangkuman ditulis pada bagian akhir tinjauan pustaka

  1. HIPOTESA

(1) Terdapat hipotesa mayor dan hipotesa minor

(2) Hipotesa meliputi dua variable yaitu : usia wanita pada persalinan pertama dan keadaan social ekonomi pada kehidupan selanjutnya

(3) Masalh penelitian mungkin untuk diteliti atau dijawab dengan observasi

(4) Variabel diidentifikasi dan dan dijelaskan secara jelas

(5) Untuk variable bebas : usia wanita pada persalinan pertamanya, untuk definisi operasionalnya sudah sesuai dan telah memberikan penjelasan tentang skala yangdigunakan dalam penelitian

(6) Untuk variable terikat : keadaan social ekonomi pada kehidupan selanjutnya, untuk definisi operasionalnya, hasil ukur sudah sesuai dengan skala yang seharusnya.

  1. METODE PENELITIAN

(1) Jenis penelitian deskriptif korelasi dengan studi longitudinal, karena penelitian ini mencari hubungan antara persalian pada usia remaja dan gambaran keadaan social ekonomi pada kehidupan selanjutnya

(2) Subjek

· Populasi dan sample penelitian

· Sample adalah semua wanita yang lahir di Swedia pada tahun 1941 sampai dengan 1970 yang teregistrasi dalam sensus popolasi penduduk Swedia pada tahun 1985

· Kriteria inklusi : wanita swedia yang lahir pada tahun 1941sampai tahun 1971 yang berusia kurang dari 30 tahun ketika mereka malahirkan anak pertamanya.

· Tidak ada kriteria eksklusif

· Cara pemilihan sample : proposed sampling, diambil sampel yang sesuai dengan tujuan penelitian

· Metode pemilihan sampel memungkinkan untuk memperoleh sampel yanng representatif

  1. INSTRUMEN

Follow up dilakukan terhadap semua wanita yang lahir di Swedia pada tahun 1941 sampai dengan 1970 yang teregistrasi dalam sensus popolasi penduduk Swedia pada tahun 1985. Peneliti memfokuskan pada 888.044 wanita yang teregistrasi dalam sensus tersebut yang melahirkan anak pertama antara tahun 1954 samapai denagn 1989, ketika mereka berusia kurang dari 30 tahun (pada umur 11-29 tahun)

  1. DESIGN PENELITIAN

(1) Pemilihan design tepat sesuai dengan tujuan penelitian

(2) Inform consent tidak terpapar dalam penelitian ini

(3) Menggunakan analisa data yang tepat

(4) Peneliti tidak menyebutkan kecocokan antar setiap instrument dengan sample sample yang akan diteliti

(5) Ada pembuktian validitas dan reliabilitas

(6) Analisa data tidak hanya mengggunakan satu cara statistic

(7) Peneliti menampilkan penyekoran atau tabulasi dan prosedur interpretasi hasil penelitiannya.

  1. RANCANGAN DAN PROSEDUR

(1) Rancangan penelitian untuk menguji hipotesis penelitian

(2) Etika penelitian belum sesuai, informed consent tidak diberikan pada responden sebelum penelitian

  1. HASIL PENELITIAN

(1) Data menggunakan table, dapat dibaca tanpa teks

(2) Tersusun secara logical

(3) Hasil penelitian dapat menjawab pertanyaan penelitian

(4) Penjelasan table sesuai dengan table

(5) Memiliki judul dan nomor urut

(6) Laporan analisis diuraikan dengan jelas sesuai dengan design penelitian (berupa angka-angka)

(7) Data yang dikumpulkan dapat dianalisa selanjutnya oleh pembaca

(8) Tidak ada grafik yang menunjukkan adanya hubungan

(9) Interpretasi riset sesuai dengan yang ditemukan

  1. PEMBAHASAN

(1) Tidak ada penjelasan keterbatasan dan kekurangan penelitian

(2) Penelitian berhubungan dengan isu-isu dalam pendahuluan

(3) Tidak mengulangi apa yang sudah dijelaskan pada hasil

(4) Membahas arti penemuan dalam penelitiannya

(5) Tidak ada rekomondasi untuk penelitian selanjutnya

(6) Hasil dipaparkan sesuai hipotesa

(7) Stiap hasil didiskusikan berdasarkan angka-angka statistic yang diperoleh

(8) Hasil penelitian dapat digeneralisasikan

  1. PENYAJIAN

(1) Laporan dituis dengan baik, tidak ada kata jargon yang digunakan, tata bahasa dan ejaan yang digunakan benar

(2) Laporan diorganisasikan dengan baik, penyajian tidak membingungkan. Ide-ide disajikan secara logis dan berurutan. Paragraf disusun secara baik dan merupakan ekspresi pemikiran yang bersinambungan

(3) Laporan ringkas banyak mencantumkan hal-hal yang relevan

(4) Laporan ditulis dengan gaya yang objektif, bahasa tentatif yang menggambarkan keingintahuan penjelasan ilmiah, dan menjelaskan apa yang ingin dibuktikan

(5) Topic riset mencerminkan variable dan populassi penelitian

(6) Laporan mempunyai abstrak atau ringkasan yang menguraikan tentang masalah, metodologi, hasil utama dan kesimpulan

(7) Peneliti menyertakan daftar rujukan untuk setiap kutipan yang dibaut dalam teks, sehingga pembaca dapat merujuk kepada sumber aslinya.

  1. DIMENSI INTERPRETIVE DAN APLIKASI PENELITIAN

(1) Semua hasil yang penting didiskusikan, interpretasi konsisten dengan hasil temuan

(2) Semua hasil diinterpretasikan sesuai hipotesa dan sesuai dengan temuan riset yang sesuai dengan hipotesa

(3) Peneliti tidak menjelaskan alternative hasil temuan

(4) Peneliti tidak membuktikan bias dari interpretasi penelitian, disamping itu juga interpretasi signifikan praktis tidak dipaparkan

(5) Interpretasi tidak memberikan pertimbangan pada keterbatasan riset terutama pada variable penelitian

(6) Membahas semua hasil yang penting

(7) Sesuai denngan hasil penelitian

(8) Ada implikasi terhadap praktek keperawatan, namun peneliti tidak memaparkannya

(9) Implikasi terhadap teori dan penelitian selanjutnya dijelaskan secara tersirat

  1. REKOMENDASI

(1) Jumlah sample memenuhi syarat untuk dilakukan generalisasi

(2) Diperlukan penelitian lanjutan dan menggunakan alat pengumpul data yang objektif

  1. DIMENSI ETIK PENELITIAN

(1) Subjek tidak dihadapkan pada bahaya fisik, distress psikologik atau ketidaknyamanan selama penelitian

(2) Inform concent tidak dipaparkan oleh penulis, tujuan dan riset dari awal

(3) Manfaat penelitian (untuk masyarakat) lebih besar dari pada resiko bahaya

(4) Data diambil dari data sensus nasional Negara Swedia dan kuesioner

(5) Ada prosedur untuk mempertahankan privasi subjek

  1. DIMENSI PRESENTASI/LAPORAN

(1) Penulisan laporan penelitian menggunakan bahasa yang baik

(2) Laporan mencakup masalah penelitian, tujuan, design, metode dan analisa data sampai dengan kesimpulan

(3) Mudah dimengerti pembaca

(4) Laporan ditulis secara lengkap

(5) Makalah original

  1. KESIMPULAN DAN SARAN

(1) Kesimpulan disampaikan dengan jelas berdasarkan variable yang diteliti

(2) Saran sebaiknya juga ditujukan kepada petugass kesehatan utuk dapat mencegah terjadinya resiko yang lebih besar dikemudian hari

  1. DAFTAR PUSTAKA

(1) Semua referensi yang dipilih terkait dengan penelitian

(2) Jumlah referensi memadai

(3) Sumber pustaka ada yang mempunyai rentang 10 tahun dari penelitian

(4) Penulisan daftar pustaka sesuai standart

(5) Pengutipan nama dalam laporan sesuai dengan sumber.

No comments:

Template Design | Elque 2007